~ smpmugasmg.sch.id: PERINGATAN NUZULUL QUR'AN 1440 H "SMP MUGA SEMARANG"

PERINGATAN NUZULUL QUR'AN 1440 H "SMP MUGA SEMARANG"

Monday, May 20, 2019


Nuzulul Quran pada Ramadan 1440 H tahun 2019 jatuh pada hari Selasa, 21 Mei 2019. Dalam moment ini SMP Muhammadiyah 3 Semarang memperingati Nuzulul Qur'an dengan kegiatan Pengajian yang dilaksanakan di halaman sekolah.

Nuzulul Quran atau malam diturunkannya Al Quran terjadi pada setiap tanggal 17 Ramadhan.

Tak hanya menjadi bulan penuh berkah, bulan suci Ramadhan juga turut diisi dengan beragam peristiwa besar umat Islam.

Al-Quran memberikan pelajaran kehidupan yang lengkap mulai dari akhlak, kejujuran, kedisiplinan, dan seluruh aspek kehidupan baik pribadi maupun bermasyarakat. Dengan mengajarkan anak mengenal Al-Quran sejak dini, kita telah membimbing dan memberikan landasan kuat bagi pendidikan akhlak dan moral sebagai bekal anak tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia saat mereka dewasa nanti.

Mengenalkan Al-Quran kepada anak bisa dimulai sejak bayi berada di dalam kandungan. Umumnya , orangtua mengadakan pengajian Al-Quran saat kandungan mulai berusia 20 minggu. Karena pada usia kandungan ini, bayi sudah ditiupkan ruh dan sudah bisa mendengar.

Untuk mengenalkan Al-Quran kepada anak setelah mereka sudah bisa mulai berbicara, bisa diajarkan dengan pengenalan huruf hijaiyah dengan pelafalannya. Dan selanjutnya bisa ditingkatkan secara bertahap melalui belajar dari Iqro’ jilid 1 – 6.

Karena kemampuan tiap anak juga berbeda-beda, kita tidak bisa memaksakan atau membandingkan kemampuan antara anak satu dengan yang lainnya. Biarkan saja anak belajar sesuai dengan kemampuannya.








Dengan adanya momen Ramadhan khususnya peringatan nuzulul quran ini, Anda bisa mengenalkan Al-Quran kepada anak-anak lebih mudah, karena di mushola-mushola dan masjid-masjid akan selalu dikumandangkan tadarus Al-Quran selama 24 jam non stop atau paling tidak usai subuh hingga usai sholat Tarawih. Ditambah lagi anak-anak kecil akan dengan riang gembira berada di sekitar masjid selama Ramadhan karena banyak acara yang diadakan oleh pengurus masjid dengan berbagi makanan dan takjil selama Ramadhan.

Bagi anak-anak momen Ramadhan merupakan momen yang menyenangkan. Dan di setiap malam ke-17 merupakan peringatan nuzulul Quran, biasanya masjid-masjid akan melakukan tadarus Al-Quran selama 24 jam non stop. Ditambah pula diadakan pengajian dengan tema nuzulul quran.
Anda bisa mengajak putra-putri Anda untuk menyimak ceramah yang disampaikan oleh pak ustadz.

Dengan kebiasaan anak ikut serta dalam acara Ramadhan di masjid atau mushola terdekat, mereka akan terbiasa dan mengenal Ramadhan serta malam-malam penting di bulan Ramadhan. Tidak hanya nuzulul quran saja tetapi juga malam Lailatul Qadar juga.

Cek Dokumentasi lengkapnya di Channel Youtube: SMP MUGA SEMARANG

Penulis berita: Eka's Ardhie

0 comments:

Post a Comment

JUMLAH DITAYANGKAN

Visi: "Tekun beribadah, berakhlaq mulia, unggul ilmu dan terampil :::::: Misi: "1. Pemahaman Islam berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadits, 2. Pelatihan beribadah dilaksanakan berkesinambungan, 3. Membiasakan beribadah dalam kehidupan sehari-hari, 4. Pemahaman akhlaq terprogram dan terus menerus, 5. Menciptakan lingkungan dan sikap hidup yang Islami, 6. Pembelajaran yang sistematis, efektif dan efisien, 7. Pengembangan ilmu pengetahuan melalui pemanfaatan SDM dan SDA yang tersedia di sekolah, 8. Pembekalan keterampilan yang cukup sesuai kemampuan keseimbangan antara teori dan praktik keterampilan mampu menunjang peningkatan taraf hidup ::::
 photo 47185c19-5cfd-4da5-bca4-c8a8ed3b2a9d.png