~ smpmugasmg.sch.id: PESANTREN RAMADHAN 1440 H "SMP MUGA SEMARANG"

PESANTREN RAMADHAN 1440 H "SMP MUGA SEMARANG"

Friday, May 17, 2019

Pesantren Ramadhan merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah. Melalui kegiatan pesantren Ramadhan pula dapat membina akhlakul karimah diantara para siswa, memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.
Kegiatan pesantren Ramadhan harus dilakukan sejak dini dan akan terus digelorakan secara berkelanjutan karena menjadi suatu langkah pendidikan yang strategis bagi siswa, orang tua dan sekolah. Pesantren Ramadhan dianggap sebagai suatu investasi di dunia maupun di akhirat bagi siswa, orang tua maupun guru. Bagi siswa, melalui kegiatan pesantren Ramadhan maka siswa akan dituntut belajar sejak dini mempelajari agama islam seperti membaca dan menghafal surat-surat Al Qur’an, berdoa, dan lain-lain. Bagi orang tua, melalui kegiatan pesantren Ramadhan maka akan membantu mereka dalam mendidik anaknya membentuk karakter yang islami, menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah yang senantiasa mendoakan mereka. Bagi guru, melalui kegiatan pesantren Ramadhan maka akan menjadi suatu kerja sosial (ibadah) yang akan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT jika dilandasi dengan penuh keikhlasan.
Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 16, 17 dan 18 Mei 2019 di SMP Muhammadiyah 3 Semarang yang diikuti oleh seluruh Siswa/Siswi. Adapun acara kegiatan yang dilakukan di dalam pesantren Ramadhan tersebut adalah antara lain : Tadarus Al Qur’an, Shalat dhuha berjam'ah, Praktek Wudhu, Sholat, Pembelajaran Agama Islam dan Buka Bersama dan Sholat Tarawih Berjama'ah.
Dengan adanya pelaksanaan  Pesantren kilat bagi siswa diharapkan dapat :
  1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ;
  2. Memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran ;
  3. Menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya.
Demikianlah serangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan 1440 H di SMP Muhammadiyah 3 Semarang.
Check Dokumentasi lengkapnya di Channel Youtube: SMP MUGA SEMARANG.

Penulis berita: Eka's Ardhie

0 comments:

Post a Comment

JUMLAH DITAYANGKAN

Visi: "Tekun beribadah, berakhlaq mulia, unggul ilmu dan terampil :::::: Misi: "1. Pemahaman Islam berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadits, 2. Pelatihan beribadah dilaksanakan berkesinambungan, 3. Membiasakan beribadah dalam kehidupan sehari-hari, 4. Pemahaman akhlaq terprogram dan terus menerus, 5. Menciptakan lingkungan dan sikap hidup yang Islami, 6. Pembelajaran yang sistematis, efektif dan efisien, 7. Pengembangan ilmu pengetahuan melalui pemanfaatan SDM dan SDA yang tersedia di sekolah, 8. Pembekalan keterampilan yang cukup sesuai kemampuan keseimbangan antara teori dan praktik keterampilan mampu menunjang peningkatan taraf hidup ::::
 photo 47185c19-5cfd-4da5-bca4-c8a8ed3b2a9d.png